Kawasan Ekonomi Khusus Pariwisata Tanjung Lesung akan menggelar sebuah ajang kejuaraan nasional cross triathlon , pada 24 September mendatang.

Bernama Rhino Cross Triathlon (Rhino X-Tri) merupakan yang pertama di Indonesia. Lomba ini terdiri dari lomba berenang, balap sepeda dan lari melintasi keindahan dan tantangan alam Tanjung Lesung. Gelaran Rhino X-Tri ditargetkan akan diramaikan oleh ratusan peserta dari luar dan dalam negeri.

Direktur Utama PT. Banten West Java (Pengelola kawasan Tanjung Lesung), Poernomo Siswoprasetijo menyampaikan, “Sport adalah salah satu daya tarik wisatawan mancanegara. Rhino Cross Triathlon sebagai event off-road triathlon pertama di Indonesia dihelat untuk mengundang wisatawan mancanegara dan domestik, khususnya penggemar olahraga triathlon dan berpartispasi di ajang yang begitu unik ini sekaligus menikmati, bukan hanya keindahan alam Tanjung Lesung, namun juga keramahtamahan khas Banten dan budayanya yang begitu melegenda.”

Poernomo menjelaskan lebih lanjut bahwa Rhino X-Tri menjadi bagian dari perhelatan akbar Tanjung Lesung Festival yang merupakan sebuah event tahunan untuk memperkenalkan kawasan Tanjung Lesung melalui penyelenggaraan multi event olahraga, budaya dan kuliner. Kick-off Festival akan dihelat pada tanggal 17 Agustus 2017 dimana akan digelar sebuah percobaan pemecahan rekor nasional Penyelam Termuda Pengibar Bendera Merah Putih di Selat Sunda.

Event Director Rhino X-Tri, Tense Manalu menjelaskan,“Rhino X-Tri di Tanjung Lesung ini akan menjadi event bersejarah karena pertama kali dihelat di Indonesia. Saat ini para penggemar olahraga Road Triathlon tumbuh dengan pesat, namun untuk mengikuti kompetisi Cross Triathlon mereka harus pergi ke luar negeri karena belum pernah ada penyelenggaraan kompetisi multisport ini di Indonesia. Kawasan Tanjung Lesung menjadi venue yang sangat bagus dan menantang karena tersedianya berbagai trek dan lintasan yang diperlukan seperti trek perbukitan, pantai berpasir dan jalan tanah berlumpur.”

Lebih jauh Tense menjabarkan bahwa Rhino X-Tri akan mempertandingkan tiga kelompok umur yang diikuti oleh perorangan dan regu estafet, yaitu Open untuk peserta berumur 20-39 tahun, Master untuk 40 tahun keatas serta Youth untuk yang berusia 13-19 tahun.

Selain Rhino X-Tri, Tanjung Lesung Festival juga menggelar ajang kejuaraan olahraga lainnya, yaitu Mountain Bike Cross Country Marathon (MTB XCM), dan Sunset Trail Run.

Untuk memeriahkan event tersebut, pihak penyelenggara telah menyiapkan hadiah senilai ratusan juta Rupiah.