Tanjung Lesung Resorts. Banten terkenal dengan pantainya yang eksotis, nama Anyer populer dikalangan pecinta pantai. Namun para pelancong yang menghindari keramaian wajib mencoba indahnya Tanjung Lesung, pantai tenang di kawasan Pandeglang.

Butuh kurang lebih dua jam perjalanan dari Serang menuju Tanjung Lesung menggunakan kendaraan pribadi. Atau tiga jam jika ditempuh dari Jakarta dengan jarak 160 KM dari Ibu Kota.

Menurut Ida (26) pelancong asal Tangerang berpendapat bahwa Tanjung Lesung adalah pantai yang dipilih jika butuh suasana yang lebih tenang, “Suasananya tenang, gak ramai kaya Anyer atau Carita. Bebas sampah, fasilitasnya juga bagus. Ombaknya gak tinggi, airnya masih biru,” tuturnya.

Tanjung Lesung disebut-sebut memiliki pemandangan matahari tenggelam terbaik, karena posisinya di wilayah barat sehingga membuat matahari mendarat di balik anak Krakatau. Fasilitas pantai yang bervariasi juga membuat pewisata betah berlama-lama. Ada Kano, Jet Ski, Banana Boat, atau bisa berenang di air laut yang jernih.

Fasilitas umumnya terawat, sebanding dengan harga masuknya yang lebih mahal dibanding dengan pantai di kawasan Anyer, Tanjung Lesung di bandrol sekitar 40 ribu rupiah per orang untuk tiket sekali masuk.

Akses yang masih sulit dijangkau menjadi alasan pewisata berpikir ulang, namun kabar baik tahun 2018 akan dibangun jalan tol yang akan mempermudah perjalanan. Direncanakan setelah dibangunnya tol, alur masuknya dari tol Ciujung dan exit di Panimbang. (rel)